Saturday, August 6, 2011

daerah istimewa yogyakarta

"i'm overboard, and i need your love. pull me up, i can't swim on my own." jika kedengeran lagu itu (overboard by justin bieber and jessica jarrel) pasti saya akan langsung teringat mengenai kisah di jogja satu tahun yang lalu. yap, touring jogja adalah touring tekojar 2005 terbaik yang pernah saya jalani. saking kesengsemnya, saya akan menceritakan kisah tersebut di episode kali ini (alay) :D

"sepotong kenangan di kota gudeg"

saat touring tersebut diadakan, anak-anak tekojar 2005 sudah hampir setahun menduda dan menjanda (bercerai karena wisuda :P). diakibatkan rindu yang teramat sangat, dan kehausan akan kumpul-kumpul, mereka memutuskan untuk mengadakan touring. waktu itu masih abu-abu nih, maksudnya belum tahu tujuannya ke mana. beberapa nominator tempat diajukan, seperti dieng, magelang, dlsb. akhirnya jogjalah yang jadi pemenangnya. hip hip huray! :P

touring ini nggak main-main lho, karena ada komitmen untuk mengenakan kaos tekojar 2005 bersama-sama (seru!) yang beberapa saat sebelumnya telah selesai dibuat. akhirnya hari H tiba, sabtu tanggal 29 mei 2010. kita memutuskan untuk berkumpul di taman kb semarang. untuk pesertanya sendiri lumayan banyak nih, ada bayu, ninda, fendhito, fadila, dimas oscar, betty, nurul hidayati, fachri, anggana, slamet, ika dan beberapa teman lain yang menunggu di lokasi yang lain. sayang saat itu dimas adi alias arab yang nongol di taman kb, nggak bisa ikutan pergi coz ada urusan lain yang lebih penting. sebelum berangkat, kita nunggu kedatangan well yang harus ngambil snack yang udah dipesen di sebuah toko kue. agak lama juga nih. finally, jam 8-an kita nggowes motor meninggalkan taman kb.
di daerah semarang atas, kita bertemu dengan teman lainnya, yaitu nurul qurimawati di kagok, eka di jatingaleh dan tama di spbu banyumanik. asyik! tambah banyak nih pesertanya :) setelah berkumpul semua participants-nya, kita langsung tancap gas ke arah jogja. di tengah perjalanan kami mlencar-mlencar lho (masih bisa disebut touring gak? hehe) coz gak mungkin banget jika beriringan karena kita lewat jalanan kota. tapi Alhamdulillah selalu bisa ketemu dengan yang lainnya di titik - titik tertentu.

Allahu Akbar, jam 11an kita nyampe juga di destinasi dengan selamat :) di jogja, kita langsung bertemu dengan adi sept (yang notabene saat itu kerja di situ) dan beristirahat sejenak di kostnya (ini yang ngrepotin banget. wkwkwk). celakanya bagi pemilik kost, niat awal kita touring jogja hanya 1 hari, tapi gara-gara bang sept begitu baik menawarkan kamarnya untuk bermalam, kita berubah pikiran dan bergembira (diatas kepedihan dan ketidakberuntungan pemilik kost). setelah memenuhi kamar kost bang sept (lebih tepatnya menyumpeki), kita lalu bergerilya menuju masjid terdekat untuk sholat dzuhur. orang-orang sekitar pada ngeliatin (antara heran dan terpesona) karena kita-kita pake baju kembaran. dikira anak geng motor kali ya. wkwkwk.

mejeng di depan kost bang sept

kaosnya keren ya :P

selepas sholat, kita langsung capcus untuk menuju unknown destination (ini yang bikin seru, karena tujuan belum ditentukan). tak lupa mampir di popeye's (bener gak namanya?) untuk makan siang (makan kok lupa) sambil memusyawarahkan tujuan tersebut. alhasil pantai parangtritis menjadi objek pilihan anak tekojar 2005. sekitar jam 2an kita melanjutkan perjalanan (yang cukup jauh). tak dinyana, tiba - tiba hujan deras melanda. jadi basah kuyup deh. tapi "kesusahan" itu ajaibnya gak terasa susah sama sekali. justru menambah keseruan di perjalanan :D pokoknya mbolang abisss!

menunggu makanan untuk diserbu...

yen wes ngadepi panganan langsung do meneng cep! :P

makanan habis, ributnya kumat (-__-")

saat tiba di parang tritis, jam sudah menunjukkan pukul 4an di sore hari. saat itu suasananya sepi, jadi kita bisa bebas menikmati pemandangan luar biasa tanpa noda (alah). kita langsung berhamburan menuju tepi pantai (kecuali mbak qi yang langsung nyari WC saat turun dari motor). tak lupa foto-foto sambil mengagumi ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, pantai parangtritis yang permai sentosa (dan juga mistis).

subhanallah keurendh beuddh :))P

landscape or portrait tetap menawan :)

minggir-minggir, putri duyung mau lewat (red : dugong)

ngglangsur koyok ning kasurrr :P

masa kecil kurang berbahagia...

maen ombak yang berkejar-kejaran...

tekojar 2005 pals forever!!!

menjelang maghrib, kita menyudahi main airnya dan bergegas ke kamar mandi setempat untuk membersihkan diri. di situ ada handuk warna hijau yang tidak ada empunyanya (bikin dag dig dug) tapi tetep aja dipakai anak-anak tekojar, alhamdulillah tidak terjadi apa-apa setelah itu. seusai sholat maghrib, kita bertolak kembali ke kost-an bang sept. ada cerita lucu di balik perjalanan saat itu. yang pertama, saya diboncengin si anggana alias boze di mana dia gak pake alas kaki sama sekali (bisa dibayangkan kalo ngerem mendadak kakinya boleh jadi bakal kegerus aspal) dan yang kedua, saat boze asik asik nyanyi tiba-tiba dia tersedak dan batuk-batuk. saya yang panik, langsung tanya kenapa? eh ternyata eh ternyata, dia tersedak air hujan yang jatuh rintik-rintik. wkwkwkw. bikin ngakak aja :D

kita ada rencana untuk menyewa kamar di hotel terdekat untuk tempat bermalam para ladies malam itu, tapi rencananya batal karena nggak ada kamar kosong di mana-mana. terbiasa hidup slengekan, para ladies memutuskan untuk tidur di kamar bang sept saja. sementara yang cowok tidur di kamar sebelahnya (yang kebetulan kosong) dan juga di mushola kost. eits eits, tapi tunggu dulu.. sebelum tidur, mari hang out dulu. kita menuju kampus UGM untuk nyari warung makan (yang ternyata banyak banget pilihannya) dan mendaratkan sepeda motor di warung tenda yang menjual rawon dan soto (lupa namanya). tapi itu sesudah kita berhasil menemukan kenthir dan lupuz yang kesasar (muter-muter gak karuan) lho. setelah kenyang, perjalanan dilanjutkan ke alun-alun yogyakarta. niyat ingsun mau nggelar kloso dan nongkrong, tapi ternyata rame banget di sana. alhasil diurungkan niat tersebut dan kita kembali ke base camp. kita tiba di kost-an pukul 12an malam (wew), masjid yang tadi siang, kita serbu kembali untuk kedua kalinya (kita gak mandi. kemproh) untuk sholat isya. lalu kembali lagi ke kost untuk melepas lelah (tidur), empet-empetan.

esok harinya, kita berkemas-kemas untuk pulang kembali ke semarang. kita yang sangat sopan ini sama sekali tidak bertatap muka atau mengucapkan terima kasih kepada pemilik kost (shame on us!), langsung aja ngacir ke jalan raya. jadi lewat tulisan ini, kita sekalian mengucapkan maaf dan terimakasih kepada pemilik kost atas tumpangannya selama di jogja. maaf karena kita nggak bisa ngasih apa-apa, cuma bisa mendoakan semoga Anda sekeluarga diberi berkah dan rahmat dari Sang Pencipta :) amien.

tadi saya menulis tentang pulang ya? maaf, saya keliru. arah tujuannya berbelok ke malioboro (biasa cah2 tekojar laper mata). moment itu kita manfaatkan untuk berjalan-jalan santai dan membeli cenderamata. lalu apakah setelah itu langsung pulang? tentu tidak. nyari sarapan dulu biar gak keok karena perjalanan akan memakan waktu 3 jam. and then, kita mendapati lokasi yang cukup tepat untuk nggudeg bersama. sambil berleseh-lesehan, kita bercengkerama ngalor-ngidul tentang perjalanan kemarinnya. nyenengin banget dah pokoknya! :D

lesehan menambah keakraban suasana...

jalan-jalan sudah, sarapan pun sudah. saatnya pulang nih. karena hari itu hari minggu, dan hari seninnya anak-anak tekojar harus sudah kembali ke rutinitas masing-masing. bang sept mengantar kita sampai di perbatasan kota jogja. sebelum melewati perbatasan, ada kejadian lucu dan pede abis! waktu itu beberapa anak tekojar seperti lupus, well, mbak qui, dll sedang menunggu teman yang lainnya di tengah jalan. karena kebetulan parkir di halaman sebuah hotel, mereka dengan "pedenya" dan "lugunya" masuk hotel dan mencari kamar kosong untuk pipis dan ganti pakaian! gilak! wkwkwkwk.. udah gitu porter dan receptionistnya diem aja nggak bergeming (takut ada tindakan anarkis kali). wkwkwk. maaf ya pak..

beberapa jam berikutnya kita sudah sampai di magelang dan berhenti sejenak untuk membeli oleh-oleh berupa jajanan bagi keluarga di rumah. perjalanan langsung kita lanjutkan karena sudah terlalu siang untuk berleha-leha (terutama bagi nindhot yang sudah pesan tiket pulang ke jakarta). naudzubillah, kalo di perjalanan pergi lancar-lancar saja, di perjalanan pulang ini agak penuh dengan hambatan di jalan. mulai dari well en mamah yang ngaku hampir nabrak truk, saya en mbak qi yang kebanan, sampai dengan puncaknya thonk en budhe yang mengalami "kecelakaan" kecil. jadi waktu di ambarawa mereka "nyenggol" ibu-ibu yang sedang nyebrang. alhasil ibu-ibu itu jatuh (untung kondisi jalan nggak begitu rame) dan meminta ganti rugi. sempat "disidang" penduduk setempat juga lho. alhamdulillah masalahnya kelar dan nggak berkepanjangan. ya untuk kejadian-kejadian yang nggak enak selama touring jogja kita ambil hikmahnya aja en kita jadikan pelajaran supaya kita bisa jadi lebih "hati-hati" dalam segala hal. oke teman?

alhamdulillah kita sukses sampai di semarang jam 1an. beberapa anak tekojar mampir ke rumah kenthir dan sisanya langsung pulang coz ngeburu waktu. dengan begitu berakhirlah touring kita di jogja, ditutup dengan konklusi-konklusi positif dan sedikit negatif. beberapa hari setelah itu, para peserta ngaku masih ingin melanjutkan touring (loe kate liburan sekolah). dan nggak fokus bekerja, seperti saya -_-.

we are ready for the next level !!!

hehehe itulah "sedikit" gambaran mengenai touring tekojar 2005 di jogja. penuh dengan euphoria berbalut intrik dan strategi (opo to iki). semoga bisa membangkitkan kembali rasa touringisme kita ya. masih ditunggu kabar baiknya mengenai touring selanjutnya ya teman. saya kebo untuk tekojar 2005 vacation. bye!